penjualan langsung



PENJUALAN LANGSUNG
Hy kembali lagi nih dengan student blog. Kali ini kita akan membahas tentang “penjualan langsung”.
Penjualan langsung atau direct selling adalah pemasaran dan penjualan produk langsung kepada konsumen di luar lokasi tetap  penjualan eceran. Sementara itu menurutt APLI (Asosiasi  Penjualan Langsung Indonesai) menyatakan direct selling adalah metode penjualan barang dan/atau jasa tertentu kepada konsumen dengan cara tatap muka diluar lokasi eceran tetap oleh jaringan pemasaran yang dikembangkan oleh mitra usaha dan bekerja berdasarkan komisi penjualan, bonus penjualan dan iuran keanggotaan yang wajar. Lalu apa itu penjual langsung?. Penjual langsung merupakan seseorang yang menjadi anggota sistem distribusi suatu perusahaan penjualan langsung.
Direct selling dibagi kedalam dua bentuk :

  1. Single level marketing (pemasaran satu tingkat), adalah metode pemasaran barang dan/atau jasa dari sistem penjualan langsung melalui program pemasaran berbentuk satu tingkat, dimana Mitra Usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan hasil penjualan barang dan/atau jasa yang dilakukannya sendiri.
  2. Multi level  marketing (pemasaran multi tingkat), adalah metode pemasaran barang dan/atau jasa dari sistem penjualan langsung melalui program pemasaran berbentuk lebih dari satu tingkat, dimana Mitra Usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan dari hasil penjualan barang dan/atau jasa yang dilakukannya sendiri dan anggota jaringan didalam kelompoknya.

Menurut WDFSA, konsumen mendapatkan keuntungan dari penjualan langsung karena kemudahan dan pelayanan yang disediakan, termasuk demonstrasi pribadi dan penjelasan produk, pengiriman kerumah, dan jaminan kepuasan pembelian. Berbeda dengan waralaba, biaya bagi seorang individu untuk memulai bisnis penjualan independen langsung biaya sangant rendah dengan persediaan sedikit atau tidak diperlukan atau komitmen kas lainnya untuk memulai.
Penjualan langsung berbeda dengan pemasaran langsung karena penjualan langsung menyangkut tentang bagaimana agen penjualan secara individu mencapai dan berhubungan langsung dengan klien. Sedangkan pemasaran langsung adalah tentang bagaimana organisasi bisnis mencari hubungan dengan pelanggan mereka tanpa melalui agen/konsultan atau outlet ritel.
Untuk menyentuh pikiran dan perasaan konsumen untuk membeli produk kita, makan penjualan langsung dapat menggunakan media :
  1. Sales promotion (promosi penjualan). Promosi penjualan yaitu fungsi dari marketing komunikasi yang memperbesar dengan menambahkan insentif dalam menawrkan merek. Promosi penjualan di desain untuk jangka pendek dan dikatakan berhasil apabila dalam waktu singkat berhasil untuk meningkatkan dan mempercepat jumlah penjualan produk.
  2.   Penjualan probadi (personal selling). Pesonal selling merupakan penjualan langsung yang yang dilakukan dengan cara tatap muka. Seorang pemasar  akan menawwarkan produknya sebagai solusi atas permasalahan yang sering dialami konsumen. Didalam penjualan pribadi terdapat jalinan komunikasi interpersonal (dua arah) antara pembeli dengan penjual.
  3. Penjual langsung (direct response marketing) karakteristik. Karakteristik penjualan langsung :
-          Menggunakan loop teertutup
-          Menggunakan ikneratif
-          Pengirim pesan bertujuan untuk mempengaruhi atau mengubah tingkah laku konsumen.
Sistem penjualan langsung tersebut digunakan untuk menciptakan respon konsumen secara langsung.
4. Penjualan pertaian (menchandising) dan titik pembelian (point of purchase). Merchandising    merupakan kegiatan untuk menciptkan gambaran merk (brand image) sampai tingkat pengecer. Sedangkan titik pembelian adalah kegiatan untuk menampilkan produk di tempat-tempat strategis disebuah toko dengan tujuan untuk menarik perhatian konsumen terhadap merk tersebut.
Kegunaan penjualan langsung adalah untuk mempengaruhi tingkah laku khalayak untuk segera membeli produk tersebut karena adanya tambahan insentif yang diberikan. Biasa digunakan untuk produk-produk dengan harga jual rendah seperti produk kehidupan sehari-hari.
Kelebihan penjualan langsung ialah mampu meningkatkan jumlah penjualan dengan segera, sedangkan kelemahannya ialah hanya dapat dilakukan pada konsumen yang sudah menggunkan produk tersebut dan bukan untuk menarik pengguna baru.
Bagaimana proses penjualan langsung ?
Dalam proses penjualan langsung, penjualan meliputi kegiatan menghubungi calon-calon pelanggan (customer), menawarkan dan memperagakan produk, menerima order dan pengiriman atau pengantaran barang serta menagih pembayaran. Kemudian ada beberapa hal yang dilakukan dalam penjualan langsung, yakni adanya penjualan arisan yang merupakan kegiatan penjualan melalui penjelasan dan peragaan produk kepada sekelompok calon pelanggan oleh seseorang penjual langsung biasanya di rumah seseorang yang sengaja mengundang orang-orang ini. Kemudian adapula istilah formulir pesanan yakni berbagai hal yang termasuk dalam order-order tercetak atau tertulis, tanda terima dan surat-surat perjanjian. Adapula kegiatan perekrutan yakni suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan mengajak seseorang untuk menjadi seorang penjual langsung.

Komentar

Postingan Populer