penjualan langsung
PENJUALAN LANGSUNG
Hy
kembali lagi nih dengan student blog. Kali ini kita akan membahas tentang
“penjualan langsung”.
Penjualan
langsung atau direct selling adalah pemasaran dan penjualan produk langsung
kepada konsumen di luar lokasi tetap
penjualan eceran. Sementara itu menurutt APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesai) menyatakan
direct selling adalah metode penjualan barang dan/atau jasa tertentu kepada
konsumen dengan cara tatap muka diluar lokasi eceran tetap oleh jaringan
pemasaran yang dikembangkan oleh mitra usaha dan bekerja berdasarkan komisi
penjualan, bonus penjualan dan iuran keanggotaan yang wajar. Lalu apa itu
penjual langsung?. Penjual langsung merupakan seseorang yang menjadi anggota
sistem distribusi suatu perusahaan penjualan langsung.
Direct
selling dibagi kedalam dua bentuk :
- Single level marketing (pemasaran satu tingkat), adalah metode pemasaran barang dan/atau jasa dari sistem penjualan langsung melalui program pemasaran berbentuk satu tingkat, dimana Mitra Usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan hasil penjualan barang dan/atau jasa yang dilakukannya sendiri.
- Multi level marketing (pemasaran multi tingkat), adalah metode pemasaran barang dan/atau jasa dari sistem penjualan langsung melalui program pemasaran berbentuk lebih dari satu tingkat, dimana Mitra Usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan dari hasil penjualan barang dan/atau jasa yang dilakukannya sendiri dan anggota jaringan didalam kelompoknya.
Menurut
WDFSA, konsumen mendapatkan keuntungan dari penjualan langsung karena kemudahan
dan pelayanan yang disediakan, termasuk demonstrasi pribadi dan penjelasan
produk, pengiriman kerumah, dan jaminan kepuasan pembelian. Berbeda dengan
waralaba, biaya bagi seorang individu untuk memulai bisnis penjualan independen
langsung biaya sangant rendah dengan persediaan sedikit atau tidak diperlukan
atau komitmen kas lainnya untuk memulai.
Penjualan
langsung berbeda dengan pemasaran langsung karena penjualan langsung menyangkut
tentang bagaimana agen penjualan secara individu mencapai dan berhubungan
langsung dengan klien. Sedangkan pemasaran langsung adalah tentang bagaimana
organisasi bisnis mencari hubungan dengan pelanggan mereka tanpa melalui
agen/konsultan atau outlet ritel.
Untuk
menyentuh pikiran dan perasaan konsumen untuk membeli produk kita, makan
penjualan langsung dapat menggunakan media :
- Sales promotion (promosi penjualan). Promosi penjualan yaitu fungsi dari marketing komunikasi yang memperbesar dengan menambahkan insentif dalam menawrkan merek. Promosi penjualan di desain untuk jangka pendek dan dikatakan berhasil apabila dalam waktu singkat berhasil untuk meningkatkan dan mempercepat jumlah penjualan produk.
- Penjualan probadi (personal selling). Pesonal selling merupakan penjualan langsung yang yang dilakukan dengan cara tatap muka. Seorang pemasar akan menawwarkan produknya sebagai solusi atas permasalahan yang sering dialami konsumen. Didalam penjualan pribadi terdapat jalinan komunikasi interpersonal (dua arah) antara pembeli dengan penjual.
- Penjual langsung (direct response marketing) karakteristik. Karakteristik penjualan langsung :
-
Menggunakan loop teertutup
-
Menggunakan ikneratif
-
Pengirim pesan bertujuan untuk
mempengaruhi atau mengubah tingkah laku konsumen.
Sistem
penjualan langsung tersebut digunakan untuk menciptakan respon konsumen secara
langsung.
4. Penjualan
pertaian (menchandising) dan titik
pembelian (point of purchase). Merchandising merupakan
kegiatan untuk menciptkan gambaran merk (brand
image) sampai tingkat pengecer. Sedangkan titik pembelian adalah kegiatan
untuk menampilkan produk di tempat-tempat strategis disebuah toko dengan tujuan
untuk menarik perhatian konsumen terhadap merk tersebut.
Kelebihan penjualan
langsung ialah mampu meningkatkan jumlah penjualan dengan
segera, sedangkan kelemahannya ialah hanya dapat dilakukan pada konsumen
yang sudah menggunkan produk tersebut dan bukan untuk menarik pengguna baru.
Bagaimana proses penjualan langsung
?
Dalam proses penjualan langsung,
penjualan meliputi kegiatan menghubungi calon-calon pelanggan (customer), menawarkan dan memperagakan
produk, menerima order dan pengiriman atau pengantaran barang serta menagih
pembayaran. Kemudian ada beberapa hal yang dilakukan dalam penjualan langsung,
yakni adanya penjualan arisan yang merupakan kegiatan penjualan melalui
penjelasan dan peragaan produk kepada sekelompok calon pelanggan oleh seseorang
penjual langsung biasanya di rumah seseorang yang sengaja mengundang
orang-orang ini. Kemudian adapula istilah formulir pesanan yakni berbagai hal
yang termasuk dalam order-order tercetak atau tertulis, tanda terima dan
surat-surat perjanjian. Adapula kegiatan perekrutan yakni suatu kegiatan yang
dilakukan dengan tujuan mengajak seseorang untuk menjadi seorang penjual
langsung.
Komentar
Posting Komentar